Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi (Fekon) berdiri pada tahun 1980. Fekon mempunyai visi sebagai pusat pengembangan dan pengajaran yang menciptakan Ekonom yang berwawasan ilmiah, jujur, bertanggung jawab serta memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Saat ini Fekon dipimpin oleh Zulaspan Tupti Pasaribu, SE M.Si dan dalam menjalankan proses belajar mengajarnya, Fekon menyediakan 3 (tiga) waktu perkuliahan, yaitu : pagi, sore dan malam. Sampai saat ini, Fekon mengasuh 4 (empat) program studi, yang terdiri dari :

1. Manajemen

Program Studi Manajemen yang diketuai oleh Hazmanan Khair SE MBA dan sekretaris Azuar Juliandi SSos SE MSi mempunyai visi sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan yang unggul dalam menghasilkan sarjana profesional, berdedikasi tinggi, jujur, bertanggung jawab serta memiliki kemampuan manajerial berdasarkan nilai-nilai keislaman. Sampai tahun 2005 ini, jumlah Mahasiswa Program Studi Manajemen sebanyak 2.341 orang.

2. Akuntansi

Program Studi Akuntansi yang diketuai oleh Dr Widia Astuti SE MSi QIA dan sekretaris Bambang Satriawan SE MSi. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dalam menghasilkan sarjana profesional, berdedikasi tinggi, jujur, bertanggung jawab serta memiliki kecakapan dalam bidang Akuntansi. Mahasiswa yang terdaftar pada Program Studi Akuntansi saat ini berjumlah 2.430 orang.

3. Ekonomi Pembangunan


Program Studi Ekonomi Pembangunan yang diketuai oleh Dra Hj Lailan Safina Hasibuan dan sekretaris Radiman SE MSi mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dalam menghasilkan sarjana profesional, berdedikasi tinggi, jujur, bertanggung jawab serta memiliki kemampuan dibidang Ilmu Ekonomi berdasarkan nilai-nilai keislaman. Jumlah Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan sampai dengan tahun 2005 sebanyak 200 orang.

4. Manajemen Perpajakan


Program Studi Perpajakan yang diketuai oleh  Elizar Sinambela SE MSi dan sekretaris Ade Gunawan SE MSi merupakan satu-satunya program studi yang dimiliki UMSU berstatus Diploma III. Program Studi Manajemen Perpajakan mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan yang unggul dalam menghasilkan ahli madya yang profesional, berdedikasi tinggi, jujur, bertanggung jawab serta memiliki kecakapan dalam bidang perpajakan. Sampai tahun 2005, jumlah Mahasiswa Program Studi Manajemen Perpajakan sebanyak 382 orang.