Cara Membuat Akun SSCASN untuk Daftar PPPK 2024
Membuat akun di portal SSCASN merupakan langkah awal yang wajib dilakukan bagi setiap calon peserta yang ingin mendaftar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024.
Proses ini penting untuk memastikan semua data pelamar tersimpan dengan aman dan valid, sehingga memudahkan langkah-langkah selanjutnya dalam mengikuti seleksi.
Pendaftaran PPPK 2024 masih berlangsung sejak 1 Oktober, dengan total 1.031.544 formasi. Rekrutmen ini fokus menata tenaga non-ASN, sehingga hanya empat kelompok yang bisa mendaftar: Pelamar Prioritas (Guru dan D-IV Bidan Pendidik 2023), Eks Tenaga Honorer Kategori II (THK-II) dalam database BKN, serta tenaga non-ASN yang terdata di BKN.
Dokumen Persyaratan Daftar PPPK 2024
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
- Ijazah
- Transkrip nilai
- Pasfoto
- Swafoto/selfie
- Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar
Cara Pembuatan Akun SSCASN untuk Daftar PPPK 2024
- Masuk ke laman https://sscasn.bkn.go.id
- Klik tombol “Buat Akun”
- Masukkan data diri sesuai KTP seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, asal kabupaten/kota, nomor
- HP dan email aktif
- Masukkan kode captcha yang muncul
- Setelah itu klik “Lanjutkan” untuk proses selanjutnya
- Masukkan data seperti email, nama tanpa gelar, tempat lahir, asal kabupaten/kota kembali
- Pilih jenis kelamin
- Unggah foto scan KTP sesuai dengan ketentuan di web
- Jika foto salah, pelamar dapat mengunggah ulang scan KTP
- Unggah swafoto sesuai dengan ketentuan di web dengan klik “Ambil Foto”. Pastikan kamera laptop/komputer bisa untuk mengambil foto dengan baik
- Jika sudah, klik “Lanjutkan”
- Akan tampil halaman pengecekan ulang data. Periksa dengan teliti data-data yang telah dimasukkan jangan sampai ada yang salah
- Klik “Kembali” jika terdapat kesalahan pada data yang diinput sebelumnya untuk diperbaiki dan klik “Proses Pendaftaran Akun” untuk memproses pendaftaran akun
- Setelah itu pilih “Cetak Informasi Akun” untuk mengunduh kartu informasi
Cara Memilih Formasi PPPK 2024
- Setelah berhasil membuat akun SSCASN, pelamar bisa masuk kembali ke laman yang sama dan masuk menggunakan NIK dan password yang dibuat sebelumnya
- Isi beberapa data diri mulai dari tempat tanggal lahir hingga jenis kelamin
- Pilih jenis seleksi yakni “PPPK”
- Pilih formasi yang dituju
- Centang kotak jabatan Tenaga Kesehatan jika memilih PPPK Kesehatan
- Klik “Pilih” dan form isian akan tampil
- Pelamar dapat mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik “Ulang”
- Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah
- Pilih jabatan yang akan dilamar
- Pilih lokasi formasi
- Pilih lokasi tes
- Isi IPK sesuai yang tercantum dalam transkrip nilai
- Untuk beberapa instansi yang memiliki persyaratan skor tes bahasa Inggris bisa memilih jenis tes berdasarkan persyaratan instansi
- Isi nomor ijazah, tahun lulus sesuai dengan yang tertera di ijazah, jenis perguruan tinggi, tanggal ijazah, nama perguruan tinggi, dan nama program studi
- Isi kode captcha yang muncul
- Klik “Selanjutnya”
Mengisi Riwayat Pelamar PPPK 2024
- Setelah menentukan formasi, langkah berikutnya adalah mengisi riwayat. Riwayat ini bisa berupa riwayat pekerjaan dan riwayat penulis ilmiah
- Isi deskripsi pekerjaan berupa nama pekerjaan, unit kerja, dan deskripsi pekerjaan (maksimal 2.000 karakter)
- Isi riwayat kerja, di perusahaan apa dan durasi bekerja dari tahun sekian sampai tahun sekian
- Jika ada dan diminta, masukkan riwayat penulisan ilmiah
- Mengunggah Dokumen Syarat PPPK 2024
- Langkah yang penting lainnya adalah mengunggah dokumen. Sehingga pastikan dulu dokumen yang diunggah sesuai dengan ketentuan
- Klik “Unggah” lalu cari dokumen di komputer
- Status dokumen akan berubah menjadi “Sudah Diunggah” jika proses unggah dokumen berhasil
- Jika salah unggah dokumen, klik “Unggah” kembali untuk mengubah dokumen yang telah diunggah sebelumnya, kemudian cari dokumen yang benar
- Setelah itu, klik “Periksa Kembali” untuk memastikan dokumen sesuai syarat
- Setelah yakin, klik “Selanjutnya” untuk menyelesaikan unggah dokumen
- Akan tampil resume. Pelamar bisa mengecek dengan teliti data-data yang muncul dalam resume dan pastikan sudah tepat
- Jika masih ada yang salah klik “Sebelumnya” lalu perbaiki data yang salah
- Setelah yakin dengan semua data yang diunggah klik “Akhiri Proses Pendaftaran”
- Setelah itu, informasi dan data pelamar sudah tidak bisa diubah kembali
- Kemudian cetak kartu informasi akun