Cara Cek Bansos Juli 2024: Cukup Pakai NIK KTP
Di bulan Juli 2024, pemerintah kembali memberikan berbagai bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Ada empat jenis bantuan yang disalurkan bulan ini, yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan (JK), serta Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).
Namun, banyak orang yang bertanya bagaimana cara mengetahui apakah mereka termasuk penerima bansos. Apakah mereka perlu mengurus banyak dokumen yang rumit dan memakan waktu?
Jangan khawatir, sekarang ada cara yang mudah dan praktis untuk memeriksa status penerima bansos, yaitu cukup dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP Anda.
Cara Cek Bansos Juli 2024
- Kunjungi situs Cek Bansos Kemensos menggunakan browser di ponsel atau komputer Anda.
- Isi kolom data penerima manfaat dengan memilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan tempat tinggal Anda.
- Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP Anda di kolom yang tersedia.
- Ketikkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode kurang jelas, klik ikon untuk mendapatkan huruf kode baru.
- Klik tombol Cari Data.
Setelah itu, Anda akan melihat hasil pencarian yang menampilkan nama, alamat, jenis bansos, dan status penyaluran bansos yang Anda terima. Jika Anda tidak menemukan nama Anda, berarti Anda belum terdaftar sebagai penerima bansos.
Cara Cek Bansos BPNT Melalui situs SIKS-NG Kemensos
- Kunjungi situs SIKS-NG Kemensos menggunakan browser di ponsel atau komputer Anda.
- Masukkan NIK KTP Anda di kolom yang tersedia.
- Klik tombol Cek Status.
- Setelah itu, Anda akan melihat hasil pencarian yang menampilkan nama, alamat, nomor rekening, dan status penyaluran bansos BPNT yang Anda terima.
- Jika Anda tidak menemukan nama Anda, berarti Anda belum terdaftar sebagai penerima bansos BPNT.
Cara Mendaftarkan Diri untuk Program Bansos
- Langkah pertama, instal ‘Aplikasi Cek Bansos’ di Google Play Store (bagi android) atau App Store (bagi iOS).
- Buka ‘Aplikasi Cek Bansos’ kemudian klik ‘Buat Akun’ untuk proses registrasi.
- Kemudian tahap berikutnya diperintahkan untuk mengisi formulir data diri seperti, nama lengkap, nomor kartu identitas (KK atau e-KTP), alamat domisili dan email aktif.
- Selanjutnya unggah foto e-KTP dan selfie memegang e-KTP.
- Cek data diri secara keseluruhan dan pastikan sudah terisi dengan benar, lalu klik ‘Buat Akun Baru’.
- Cek email dan lakukan secara bertahap agar mendapatkan notifikasi email dari Kemensos untuk melakukan verifikasi dan aktivasi masuk.
- Proses aktivasi ini biasanya memakan waktu sekitar 1-3 minggu.
- Jika sudah mendapatkan email tersebut, tekan link aktivasi tersebut.
- Setelah melakukan aktivasi, maka akun anda sudah aktif dan dapat diakses.
- Login pada ‘Aplikasi Cek Bansos’ dengan memasukkan username dan password.
- Apabila sudah berhasil, silahkan melanjutkan untuk masuk ke beranda dan klik ‘Daftar Usulan’ pada menu.
- Pilih menu ‘Tambahkan Usulan’ dan isi kembali beberapa data terkait informasi pribadi untuk melengkapi nya.
- Setelah itu, pilih jenis bantuan yang diinginkan dan tunggu untuk proses verifikasi data
- Apabila semua proses sudah berhasil, anda tinggal menunggu proses verifikasi data dari Dinas Sosial dan nantinya akan di proses secara resmi melalui kepala daerah setempat.