Ekonomi Digital Indonesia
Dunia digital mendorong lahirnya industri baru untuk ekonomi digital indonesia . Hal ini disebabkan perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat serta cepat. Bidang industri yang berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi mempengaruhi dan membawa perekonomian negara secara positif serta membuat masyarakat memasuki era ekonomi digital.
Indonesia adalah Negara dengan potensi besar untuk pengembangan ekonomi digital. hal Ini merupakan tantangan yang semakin meningkat bagi pemerintah. Dampak yang terjadi adalah perubahan sosial yang semakin kompleks. Perubahan sikap gaya hidup karena perubahan model Bisnis di berbagai industri.
Ekonomi digital Indonesia dapat memberikan banyak dampak positif. Namun hal ini juga menjadi tantangan bagi kebijakan pemerintah. Dengan berkembangnya ekonomi digital, Model bisnis baru, integrasi lintas departemen, perubahan model bisnis sektor yang ada.
Mengembangkan ekonomi digital menjadi salah satu strategi utama transformasi ekonomi Indonesia, yang bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.
Perkembangan ekonomi digital juga didorong oleh perubahan perilaku masyarakat yang cenderung menggunakan platform digital di berbagai industri. Hal ini terdapat sektor yang dapat berkontribusi untuk ekonomi digital Indonesia berkembang.
Berikut sektor pendukung ekonomi digital Indonesia :
E–commerce
Sektor pertama yang berkontribusi dalam ekonomi digital adalah E-commerce atau elektronik commerce adalah Jual beli barang atau jasa, atau transfer dana atau data melalui jaringan elektronik, khususnya internet dan transfer uang dan data untuk menyelesaikan transaksi tersebut.
Transaksi perdagangan ini terdiri bisnis-ke-bisnis (B2B), bisnis-ke-konsumen (B2C), konsumen-ke-konsumen, atau konsumen-ke-bisnis.
Fakta yang terjadi di masyarakat kita menunjukkan bahwa 8 juta orang berbelanja online dan diperkirakan akan terus berkembang. Konsumen dan Perilaku Digital di Masyarakat Indonesia dan jangkauan pasarnya yang berkembang menjadi pendorong utama. Tren ini juga mengapa banyak pemain menjual secara offline Toko online juga dibuka.
Media sosial kini menjadi media yang sangat baik bagi para pebisnis untuk berbisnis Pemasaran, karena mudah diakses ke Internet dan didukung oleh sejumlah besar pengguna.
Transaksi e-commerce menjadi penyumbang terbesar ekonomi digital Indonesia, dengan nilai mencapai $53 miliar pada tahun 2021. Jumlah itu diproyeksikan mencapai $104 miliar pada tahun 2025 dengan tingkat pertumbuhan 18%.
Namun, sekarang sangat penting bagi pengecer dan produsen untuk menjual produk mereka melalui platform e-commerce agar dapat bertahan dalam bisnis. Hal ini akan berdampak positif dalam jangka panjang karena konsumen menjadi terbiasa dengan belanja online.
Contoh E-Commerce yang ada di Indonesia: Shopee, Lazada, Tokopedia maupun Blibli ,tokopedia,bhinneka,dan ralali
Media online
Sektor kedua berkontribusi dalam ekonomi digital adalah media online. Media online adalah surga berbasis informasi untuk berita, fakta, hiburan, dan pengetahuan. Media yang diterbitkan secara online (misalnya majalah online, pemasaran, situs berita, dll.)
Dengan menarik perhatian audiens Anda, bisnis Anda akan memiliki peluang untuk berkembang, meningkatkan arus lalu lintas situs web Anda, dan mempertahankan ruang untuk pertumbuhan.
Di satu sisi, media online mendobrak batas dan membuka pasar untuk khalayak yang lebih luas.Dengan adanya media online tersebut sekarang banyak masyarakat indonesia yang memiliki pekerjaan seperti Youtuber,konten creator,videografer,SEO ,blogger dan lainnya
Fintech
FinTech lebih berpusat pada perusahaan yang melakukan inovasi di bidang jasa keuangan dengan sentuhan teknologi modern.FinTech berfokus pada perusahaan yang menggunakan teknologi terkini untuk berinovasi di bidang jasa keuangan.
Keberadaan fintech di sisi lain bertujuan untuk mendukung proses jual beli agar dapat diterima oleh masyarakat luas. Kehadiran FinTech berdampak besar pada gaya hidup dunia bisnis.
Kombinasi efektivitas dan teknologi memiliki dampak positif bagi masyarakat luas. Kehadiran FinTech di tengah masyarakat memiliki beberapa keunggulan. Keuntungan pertama adalah FinTech dapat mendukung perkembangan baru di ruang startup teknologi yang menjamur. Ini akan membantu memperluas lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
Pertumbuhan ekonomi ini memiliki manfaat sekunder untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. FinTech dapat menjangkau orang-orang yang tidak dapat dijangkau oleh bank tradisional. Selain itu, fintech juga dapat meningkatkan ekonomi makro. Kemudahan yang ditawarkan FinTech dapat meningkatkan penjualan e-commerce.
Manfaat terakhir yang akan diminati kebanyakan orang adalah suku bunga pinjaman yang lebih rendah. Industri keuangan digital (financial technology/fintech) berpotensi menjadi sektor kunci ekonomi digital Indonesia. Perkiraan ini didasarkan pada banyaknya peluang dan tantangan yang dihadapi industri saat ini.
“Fintech berpotensi menjadi sektor utama ekonomi digital di masa depan karena berbagai keunggulan, keragaman produk, dan layanan keuangan kami.
Berikut contoh Fintech di Indonesia: kitabisa ,Amartha ,awantunai dan Payfazz
Transportasi Berbasis Aplikasi
Perkembangan angkutan umum berbasis aplikasi atau online dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia. Pertumbuhan ekonomi akan ditopang oleh sektor-sektor yang kini semakin banyak menyerap tenaga kerja.
Keberadaan transportasi online tidak hanya memfasilitasi perluasan kesempatan kerja dan menyerap banyak tenaga kerja, tetapi juga menciptakan efisiensi yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas negara.Contoh transportasi online saat ini ada grab,gojek,maxim,indriver,dan lainnya.
Online travel
Munculnya sektor baru online travel memberikan dampak yang berguna bagi masyarakat,hal ini disebabkan situs perjalanan online memiliki banyak informasi dan pilihan terkait perjalanan dibandingkan dengan agen tradisional.
Dengan adanya online travel secara website dapat menggabungkannya untuk menjangkau jutaan konsumen secara online.Situs web yang memungkinkan Anda membuat promosi dan iklan dengan lebih efisien. bepergian Ini adalah produk informasi-intensif, seperti konsumen.
Kebutuhan konsumen untuk mendapatkan informasi detail dari berbagai penyedia layanan, perencanaan perjalanan, membandingkan harga, reservasi
dan pembayaran – dapat diadopsi dengan lebih baik.
Internet juga merubah cara kita bepergian, yang dipengaruhi oleh tersedianya serangkaian aktivitas yang membantu kita merencanakan perjalanan, mulai dari situs untuk mencari harga penerbangan terbaik, memesan hotel dan menyewa mobil, membaca ulasan tempat dan layanan, atau tools untuk berbagai pengalaman selama liburan, termasuk memberikan umpan balik kepada stakeholder yang terlibat dalam perjalanan wisata kita.
Dengan adanya online travel membantu para wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia baik itu dalam masa liburan, pekerjaan dan sebagainya. Tentunya hal ini akan membantu perekonomian dalam sektor pariwisata. Contoh Online travel yaitu traveloka, tiket, trip dan sebagainya