Cara Daftar PPPK Teknis 2024, Pemula Wajib Simak!
Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memperkuat kualitas layanan publik melalui rekrutmen tenaga profesional di berbagai bidang teknis.
Pada tahun 2024, proses seleksi PPPK Teknis dirancang lebih transparan dan efisien untuk menjaring calon pegawai yang kompeten dan berintegritas.
Dengan meningkatnya kebutuhan akan tenaga kerja yang ahli dalam bidang teknis, terutama di sektor pelayanan publik, pemerintah memberikan perhatian khusus pada penyederhanaan tata cara pendaftaran serta peningkatan akses informasi bagi seluruh calon peserta.
Langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang merata bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional melalui jalur PPPK Teknis 2024.
Alur Pendaftaran PPPK Tahun 2024
1. Penentuan Prioritas
Sistem akan menentukan prioritas, sebagai berikut:
- Pelamar Prioritas ( Guru P1 2021 atau D-IV Bidan Pendidik 2023)
- Pelamar THK-II
- Pelamar Pendataan Non-ASN
- Pelamar Non-ASN yang Bekerja Minimal 2 Tahun Berturut-turut
- Pelamar Lulusan Pendidikan Profesi Guru
2. Mendaftar Akun di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun
Setelah mendaftar akun, pelamar akan melakukan beberapa hal berikut:
- NIK, No. KK, Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, No. Handphone dan Email
- Password akun SSCASN dan Pertanyaan Pengarahan
- Upload foto KTP dengan ukuran maksimal 200 kb dan melakukan swafoto
- Pelamar mencetak Kartu Informasi Akun
3. Daftar Formasi
Setelah melakukan pendaftaran akun, dilanjutkan dengan mendaftar formasi dan melakukan beberapa hal berikut:
- Mengisi Biodata
- Memilih Jenis Seleksi
- Memilih Formasi (sistem akan menampilkan status prioritas pelamar)
- Melengkapi Dokumen
- Resume
- Mencetak Kartu Pendaftaran
4. Seleksi Administrasi
Di tahap ini, panitia akan memverifikasi data pelamar dan mengumumkan hasil seleksi. Setelah hasil seleksi diumumkan, pelamar dapat melakukan sanggah. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu ujian.
5. Sanggah
Jika peserta tidak memenuhi syarat pada saat seleksi administrasi, peserta dapat melakukan sanggah.
6. Jawab Sanggah
Panitia instansi wajib menjawab seluruh sanggah yang diajukan oleh pelamar. Jika kesalahan bukan berasal dari pelamar mak sanggah dapat diterima. Namun, jika kesalahan berasal dari pelamar, maka sanggahan tidak dapat diterima.
7. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pasca Sanggah
Pengumuman hasil seleksi ini diumumkan secara terbuka oleh panitia. Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi pasca sanggah, pelamar dapat mencetak kartu ujian CAT.
Tata Cara Pendaftaran
- Buka portal SSCASN melalui https://sscasn.bkn.go.id/
- Buat akun SSCASN dengan NIK yang tertera di KTP pelamar
- Login atau masuk ke akun SSCASN menggunakan NIK dan password
- Isi data diri, pilih jenis seleksi, formasi instansi dan jabatan
- Unggah dokumen persyaratan sesuai instansi yang dilamar
- Akhiri pendaftaran dan cetak kartu pendaftaran
Hal yang Harus Disiapkan
Sebelum mendaftar ke instansi, pelamar perlu mempersiapkan beberapa hal berikut:
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
- Ijazah
- Transkrip Nilai
- Pas foto
- Swafoto/selfie
- Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar