Pendaftaran Sekolah Kedinasan Segera Dibuka! Yuk Ketahui Cara Daftar Sekolah Kedinasan 2024
Jadwal pendaftaran sekolah kedinasan untuk tahun 2024 masih belum diumumkan secara resmi hingga saat ini. Bagi lulusan SMA/SMK atau yang setara yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan, penting untuk aktif mencari informasi mengenai proses pendaftarannya.
Dengan demikian, ketika jadwal pendaftaran sekolah kedinasan 2024 sudah diumumkan, kamu dapat langsung melakukan pendaftaran tanpa kendala.
Perlu diingat bahwa Informasi ini diambil dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan tahun sebelumnya, yang menjelaskan langkah-langkah penting dalam proses pendaftaran sekolah kedinasan yang perlu diketahui oleh lulusan SMA/SMK atau yang setara.
Hal ini dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2024 dengan lebih baik.
Cara daftar sekolah kedinasan 2024
Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumendokumen yang diperlukan.
Dokumen tersebut terdiri dari :
- Kartu Keluarga
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Ijazah
- Rapor SMA/Sederajat
- Pas foto
- Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Setelah tahu berkas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar sekolah kedinasan 2024, berikut informasi tentang cara daftar sekolah kedinasan 2024 yang perlu kamu ketahui.
- Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat https://sscasn.bkn.go.id
- Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun dialamat: https://dikdin.bkn.go.id
- Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
- Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian. Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, silahkan cek di halaman web masingmasing sekolah kedinasan
- Pelamar memasukkan Nilai
- Pelamar melengkapi Biodata
- Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
- Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
- Kemudian pelamar bisa klik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
- Pelamar mengecek hasil verifikasi
- Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih
- Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
- Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
- Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
- Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya
Pada proses pendaftaran sekolah kedinasan kali ini, terdapat delapan instansi atau kementerian yang membuka kesempatan bagi mahasiswa baru untuk tahun akademik 2024/2025.
Dari 8 instansi atau kementerian tersebut, terdapat beberapa sekolah kedinasan yang dapat dipilih saat melakukan pendaftaran untuk tahun 2024.