Segera Cair Bansos Rp 2.4 Juta! Cek Syarat Penerima dan Cara Daftarnya
Pemerintah terus memberikan bantuan melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun ini, yang ditujukan kepada 28,8 juta penerima manfaat. Meskipun demikian, masih ada kendala dalam memahami persyaratan untuk menjadi penerima BPNT.
Para penerima yang terdaftar, yang disebut Komponen Penerima Manfaat (KPM), berhak menerima bantuan sosial sebesar Rp 200.000 per bulan atau sekitar Rp 2.400.000 per tahun.
Bantuan tersebut disalurkan melalui dua metode, yakni transfer ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau pencairan tunai melalui kantor pos. Untuk KPM yang memiliki KKS berwarna merah putih, bantuan sebesar Rp 200.000 disalurkan setiap bulan.
Sementara itu, bagi yang belum memiliki KKS, pencairan dilakukan tunai atau melalui kantor pos setiap tiga bulan. Penerima melalui kantor pos akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600.000 setiap pencairan, tetapi harus menunggu surat undangan dari PT Pos Indonesia.
Untuk penjelasan lebih lengkap berikut kami rangkum cara Cek Syarat Penerima dan Cara Daftar bansos.
Syarat untuk menjadi penerima BPNT
- Warga Negara Indonesia yang terverifikasi melalui KTP.
- Telah terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
- Memiliki penghasilan perbulan di bawah Upah Minimum Regional (UMR).
- Tidak menjadi anggota ASN, TNI, atau Polri.
- Tidak menjadi pendamping sosial dalam program bantuan sosial pemerintah.
- Berada dalam keluarga kurang mampu.
Cara Cek Penerima Bansos BPNT
Setelah memenuhi persyaratan penerima Bansos BPNT, kamu dapat mengecek apakah terdaftar sebagai penerima Bansos BPNT. Berikut cara mengecek penerima Bansos BPNT.
- Kunjungi website resmi Kemensos untuk BPNT yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/
- Isi wilayah penerima bantuan (provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa)
- Isi alamat sesuai informasi pada KTP
- Ketik nama lengkap sesuai dengan tertera pada KTP
- Lalu, klik tombol “Cari Data”
- Apabila hasil pencarian muncul status “Penyaluran” atau “Proses Bank Himbara/PT Kantor POS” artinya kamu terdaftar sebagai penerima Bansos BPNT.
Cara Mudah Mendaftar Bansos BPNT
Namun jika kamu belum terdaftar sebagai penerima Bansos BPNT, kamu dapat mendaftarkan diri sebagai penerima bansos tersebut. Berikut langkah-langkah cara mendaftar sebagai penerima Bansos BPNT.
- Unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store atau App Store
- Registrasi akun BPNT untuk membuat akun baru
- Isi data diri pendaftar BPNT seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK)
- Unggah foto KTP dan swafoto menggunakan KTP
- Setelah itu, klik “Buat Akun Baru” untuk melanjutkan pendaftaran
- Setelah berhasil membuat akun baru, lanjutkan pendaftaran
- Setelah akun terdaftar di BPNT, pilih menu “Daftar Usulan” pada aplikasi Cek Bansos Kemensos
- Klik “Tambah Usulan”
- Isi data diri pendaftar BPNT sesuai dengan data yang diminta
- Kemudian unggah foto KTP dan foto rumah pendaftar BPNT tampak depan
- Pastikan data diri yang diisi sudah benar, lalu klik “Tambah Usulan”
- Tunggu data pendaftaran BPNT di verifikasi oleh Kemensos dan Dinas Terkait\