Cara Cek BI Checking secara Online via iDebku OJK
BI checking saat ini merupakan kriteria penting yang digunakan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya saat mempertimbangkan permohonan kredit dari seseorang. Ini adalah suatu proses dimana riwayat kredit seseorang diperiksa dalam Sistem Informasi Debitur (SID) oleh Bank Indonesia. Sebagai informasi, Bank Indonesia memiliki Sistem Informasi Debitur (SIB) yang berisi data nasabah dengan kredit. Mulai dari 1 Januari 2018, BI checking, yang dulu dikenal sebagai SID, sekarang dikenal sebagai Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dan dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Menurut sumber dari website resmi OJK, tujuan utama dari BI checking atau SLIK adalah untuk menjalankan pengawasan dan menyediakan informasi keuangan, termasuk informasi debitur (iDeb). Hasil dari BI checking memberikan gambaran riwayat kredit seseorang, yang mana dapat mempengaruhi keputusan pemberian kredit oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Jika seseorang sering ditolak dalam permohonan kredit, salah satu penyebab mungkin adalah riwayat kredit yang buruk.
Cara Cek BI Checking Online
Untuk mengecek BI checking secara online, individu dapat mengikuti langkah-langkah berikut melalui platform iDebku OJK:
-
Kunjungi situs https://idebku.ojk.go.id
-
Di halaman awal, klik “Pendaftaran” untuk memulai proses.
-
Isikan informasi pribadi yang diperlukan.
-
Jika kuota situs masih tersedia, lanjutkan dengan mengisi data registrasi.
-
Unggah foto identitas dengan ukuran maksimal 4 MB.
-
Baca dan setujui syarat dan ketentuan.
-
Selesaikan pendaftaran dengan mengklik “Ajukan Permohonan”.
-
Setelah berhasil mendaftar, Anda akan mendapatkan nomor pendaftaran yang dapat diperiksa statusnya pada situs tersebut.
-
OJK akan mengirimkan informasi yang Anda minta ke alamat email yang Anda berikan. Proses ini dapat memakan waktu beberapa hari kerja.
Untuk detail lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi artikel asli di Kompas.com dengan judul “Cara Cek BI Checking secara Online via iDebku OJK” melalui tautan yang disediakan.