Perguruan tinggi harus rutin mengevaluasi program humas untuk mengukur capaian hasil program humas dan melakukan review strategi yang telah dijalankan.
Hal tersebut disampaikan oleh pengurus Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi PTMA Aswad Ishak saat mengisi workshop Pengembangan Humas Batch II Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA). Workshop ini digelar oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kamis (4/8/22).
“Media humas harus bisa melakukan branding, marketing dan advertising di kampusnya masing-masing dengan mempunyai media-media baik tools maupun media liputnya” ucapnya.
Dalam program humas atau public relations kampus perlu ada pedoman yang jelas. Tujuan public relations menginduk/turunan dari tujuan organisasi. Selanjutnya turunkan ke dalam tujuan komunikasi yang spesifik.
Ini mencakup awareness, knowledge, understanding, belief, perception, attitude and behavior change.
“Kampus harus rutin mengevaluasi program humas untuk mengukur capaian hasil program humas dan melakukan review strategi yang telah dijalankan,” ujarnya.
Ishak menambahkan bahwa dengan evaluasi yang rutin akan mendapatkan gambaran pengalaman/pelajaran dari pelaksanaan program humas dan menjadi bahan rencana tindak lanjut program humas berikutnya.
Diharapkan setelah mengikuti workshop, program humas UMSU semakin berkemajuan.